RSS

Negara-negara Penghasil Kopi

30 Nov

Semua kopi tumbuh di sekitar daerah tropis. Amerika Tengah dan Selatan merupakan penghasil sekitar dua pertiga produksi kopi dunia.

BRAZIL 
Negara yang sangat luas ini merupakan salah satu negara yang mendominasi produksi kopi dunia. Brazil adalah produsen dan eksportir kopi paling besar dan merupakan bangsa pengkonsumsi kopi terbesar kedua di dunia. Kopi tumbuh di area pesisir tenggara, dari Pernambuco di utara sampai Parana di selatan. Sebagian besar area tanam cenderung membeku selama musim dingin di Brazil. Musim dingin yang parah bisa merusak tanaman lopi, yang secara serius mempengaruhi harga pasar dunia untuk komoditas kopi.

Produksi dan perdagangan kopi di Brazil mempekerjakan lebih dari lima juta orang dan menyuplai 30% kopi dunia.

COLOMBIA 
Selama bertahun-tahun, Kolombia telah menghasilkan kopi-kopi terbaik dunia. Mereka mempunyai keseimbangan cita rasa dan kedalaman rasa yang sangat baik. Kopi ini dihasilkan dari tiga rangkaian pegunungan Cordilleras yang merupakan bagian dari Andes utara.

Colombia adalah penyalur kopi yang terbedar kedua dengan 10% pangsa pasar.

COSTA RICA 
Costa Rica dikenal sebagai ‘little Switzerland’ dari Amerika Tengah. Negara ini merupakan salah satu negara dengan industri kopi terbaik setelah mengembangkan kualitas produksi kopinya selama bertahun-tahun. Biji kopinya sangat kompleks, enak dengan kadar asam yang halus. Rasa ini dapat dikeluarkan ketika kopi itu disiapkan dengan menggunakan filter kopi atau coffee maker cafetière.

ETHIOPIA 
Tanaman kopi arabika dipercaya berasal dari Ethiopia yang masih dapat  ditemukan sebagai tumbuhan liar di sini. Negeri yang sangat luas ini menghasilkan sebagian kopi paling unik di dunia.

HAWAII 
Hawaii adalah satu-satunya negara bagian Amerika Serikat dimana kopi dibudidayakan secara komersial.

GUATEMALA 
Separuh dari bagian Selatan Guatemala merupakan daerah Sierra Madre. Pegunungan tinggi ini menciptakan iklim yang sempurna untuk penanaman kopi.
Imigran-imigran Jerman di Guatemala mengembangkan teknik budidaya pada kondisi cuaca ekstrim. Mereka membakar sampah di dekat perkebunan pada cuaca yang buruk dan asap yang tebal akan melindungi pohon-pohon dari kebekuan dan menghasilkan rasa asap pada biji.

INDIA 
Meski telah lama dihubungkan dengan teh, India adalah salah satu daerah penghasil kopi tertua di dunia. Pada awal tahun 1600-an seorang peziarah bernama Baba Budan mengunjungi Makkah,  dan menyelundupkan beberapa biji kopi keluar Arab dengan disembunyikan di dalam jubahnya, dan menanamnya di India.

INDONESIA 
Indonesia menghasilkan beberapa jenis kopi ekselen. Belanda pertama kali memperkenalkan kopi untuk ditumbuhkan di Jawa pada pertengahan abad ketujuh belas, maka ini termasuk merupakan produksi kopi generasi awal di belahan dunia ini (Asia Pasifik). Bijinya kaya rasa sedemikian rupa sehingga rasanya akan tetap terjaga saat penambahan susu atau krim.

JAMAICA 
Blue Mountain dihasilkan pada ketinggian di atas 5.000 kaki dpl di pulau tropis Jamaica nan cantik. Penggolongan Blue Mountain diberikan hanya untuk kopi dari daerah timur St. Thomas, Portland dan St. Andrews. Peningkatan permintaan menimbulkan kelangkaan kopi yang unik ini dan ini dicerminkan oleh harganya yang lebih tinggi dibanding harga rerata.

KENYA 
Kenya menghasilkan sebagian dari kopi yang paling baik, yang terkenal untuk bijinya yang super, kaya rasa dan kaya aroma serta mutunya yang ekselen.

MEXICO 
Negeri yang sangat luas ini merupakan salah satu produsen kopi yang paling besar di dunia, meskipun dibudidayakan di perkebunan-perkebunan kecil. Kopi Mexico berkarakteristik halus dan ringan dan banyak disukai oleh negara-negara Amerika Utara.

PANTAI GADING
Pantai Gading di pantai barat Afrika memproduksi kopi sebagai hasil perkebunan utama kedua, setelah cokelat. Kopi yang dihasilkan adalah kopi robusta, yang rasanya lebih kuat dan mengadung lebih banyak kafein dibanding kopi arabika yang tumbuh di daerah yang lebih tinggi. Kopi tumbuh terutama di perkebunan kecil, tetapi beberapa perusahaan besar juga eksis. Pohon cokelat sering digunakan sebagai tanaman penaung untuk melindungi tanaman kopi. Kopi-kopi dari Pantai Gading beraroma kuat dan idealnya cocok untukroasting berat.

PERU 
Iklim dan struktur tanah di negara Peru sangat memungkinkan untuk menghasilkan kopi yang berkarakteristik halus. Sayangnya, negara Peru telah mengalami banyak masalah politik dan ekonomi dan akibatnya ikut merusak mutu kopi mereka.

TANZANIA 
Sesaat setelah berakhirnya Perang Dunia II, Mr. HR. Higgins secara kebetulan mencicipi suatu kopi yang luar biasa. Itu adalah kopi dari Afrika Timur yang memiliki kekerabatan dalam hal rasa dengan kopi dari Amerika Selatan. Biji kopi ini mendapat perhatian karena  mengandung kadar asam yang lebih rendah dibanding kebanyakan kopi Kenya tapi lebih pekat dibanding kopi Colombia. Kopi ini, bernama Chagga, dihasilkan oleh orang-orang Wa-Chagga yang tinggal dan bertani di lereng gunung Kilimanjaro di Tanzania.

VIETNAM 
Vietnam adalah salah satu dari tiga negara utama penghasil kopi, kedua setelah Brazil. Pada akhir abad ke-19 kolonial Perancis memperkenalkan kopi pada area dataran tinggi di negara itu, area yang sangat cocok untuk pertumbuhan kopi. Hampir seluruh kopi yang tumbuh di Vietnam merupakan kopi robusta. Salah satu kopi paling dicari dan mahal di Vietnam adalah ‘caphe cut chon’ atau ‘kopi kotoran musang’ -yang dibuat dari biji kopi yang telah dimakan dan melewati saluran pencernaan musang. Proses ini meningkatkan cita rasa biji dan membuatnya disenangi oleh ahli kopi di seluruh dunia. Vietnam menghasilkan 7,5% produksi kopi dunia.

YAMAN 
Tanaman kopi paling tua yang dibudidayakan di dunia tumbuh di lereng gunung di Yaman pada ketinggian lebih dari 4.500 kaki. Tanaman kopi ini diawasi dan dipelihara oleh petani lokal yang sudah membudidayakan dan memproses kopi dengan teknik yang sama selama berabad-abad. Tanaman kopi tumbuh subur di daerah ini karena banyaknya mata air yang mengalir ke sungai dan jeram. Kopi di sini ditanam dengan bantuan irigasi, dikeringkan secara alami dan tanpa memakai bahan kimia. Biji kopi Yaman mempunyai cita rasa yang unik, awalnya dikirimkan melalui pelabuhan kuno di Mocha. Kopi yang tumbuh di pegunungan utara Yaman ini merupakan kopi paling tua dan paling tradisional di dunia, juga merupakan salah satu dari kopi terbaik dunia.

ZIMBABWE 
Chihosa Estate berada di dataran tinggi timur Zimbabwe pada ketinggian 5.600 kaki dpl dan telah dijalankan sejak tahun 1990, oleh keluarga Cugnet. Kopi ini memiliki mutu dan rasa yang mengesankan; mempunyai karakter yang kaya rasa dengan kadar asam lembut mengesankan

Sumber :Artikel “Serba – Serbi Kopi
About these ads
 
Leave a comment

Posted by on November 30, 2011 in Dunia Kopi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: