RSS

Sejarah kopi dan penyebarannya ke seluruh dunia (Part II)

30 Nov

Setelah kopi tersebar luas di Arab dan India, kemudian pedagang Eropa tertarik untuk memperdagangkan kopi. Namun kopi tidak dapat tumbuh di negara yang memiliki iklim dingin seperti Eropa. Kemudian para pedagang Eropa membawa kopi turunan Baba Sudan ke Sri Lanka dan tanah Jawa.

Ada sejarah juga yang menyebutkan bahwa kopi pertama kali dibawa keluar Arab bukan oleh Baba Sudan, tapi oleh pegadang VOC bernama Pieter Van Der Broeke pada tahun 1616. Dia nekat menyelundupkan kopi dari pelabuhan Mocha di Yaman, dan kemudian di bawa ke Amsterdam. Kemudian pohon kopi di tanam di kebun botani Amsterdam. Pohon kopi ini kemudian dikirim sebagai hadiah ke Raja Louis XIV.

Pada masa itu, kopi menjadi minuman para bangsawan, karena pada saat itu biji kopi dijual dengan harga yang sangat mahal. Karena dianggap langka dan memiliki nilai eksotis. Kemudian Raja Louis XIV yang terkenal dengan kemewahan nya mengimpor kopi dari pelabuhan Mocha, Yaman.

Dari situ kopi dibawa ke Tanah Jawa menyeberangi lautan menuju negeri Belanda, dan kemudiankesayangan para bangsawan ini.

Kopi Kembali ke Ethiopia

Keturunan dari pohon kesayangan Raja Louis ini kemudian mencapai Martinique, kepulauan Karibia Amerika sekitar tahun 1720. Itu berkat jasa Chevalier Gabriel Mathieu de Clieu yang mengikuti jejak Baba Budan dari India. Pohon kopi tersebut tidak mudah untuk didapatkan dari Istana Versailles. Di curi pohon tersebut secara diam-diam dan kemudian dibawa menyeberangi lautan.

Perjalanan ini melewati segala resiko, termasuk terhadap serangan bajak laut. Ketika kapal sudah mulai kekurangan jatah air, dia rela membagi 2 jatah airnya demi kelangsungan hidup pohon kopi ini.

Pengorbanan nya tidak sia-sia, akhirnya pohon kopi ini dapat tumbuh dengan baik di Martinique. 50 tahun kemudian pohon kopi tersebut tumbuh menjadi 18.680 pohon dan mulai menyebar ke Haiti, Meksiko, dan Kepulauan Karibia. Kopi ini juga menyebar ke kepulauan Burbon di Samudra Hindia. Dan di Burbon inilah terjadi percobaan mutasi kopi sehingga menghasilkan varietas kopi baru bernama Coffee Bourbon. Biji kopi yang dihasilkan lebih kecil daripada Kopi Arabika pada umumnya.

Kopi Santos dari Brasil yang terkenal dan kopi Oaxaca dari Meksiko adalah keturunan dari varietas bourbon. Kemudian pohon-pohon Bourbon menjadi varietas kopi terbaik di Amerika Latin. Setelah Brazil, kopi lalu menyebar ke Kenya. Sekarang disebut Tanzania yang hanya berjarak beberapa ratus kilometer dari Negara asal kopi, Ethiopia.

Anda bisa membayangkan bagaimana si Emas Hitam ini melanglang buana. Mulai dari Negeri Arab, kemudian dibawah ke Eropa, dan menyebar ke tanah Jawa, sampai akhirnya menyebar di Tanzania.

Sumber : Majalah Seri Gaya Hidup Sehat – “A Passion of Coffee”

 
Leave a comment

Posted by on November 30, 2011 in Dunia Kopi

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: